sedikit bercerita tentang perumahan tamansari puri bali, yang memiliki nuansa landscape yang cukup bagus. kami mengakuinya hal ini seperti halnya juga mereka yang pernah mengunjungi dan/atau telah menjadi warga perumahan disini. konsep landscape merupakan nilai jual yang ditonjolkan wika realty sebagai pengembang dalam penjualan perumahan ini. dan sepertinya penjualannya memang cukup sukses. selamat buka wika realty!

wika realty sendiri adalah anak perusahaan dari kontraktor besar wijaya karya. induk perusahaannya tersebut (wijaya karya) bergerak di bidang kontraktor, terutama untuk proyek2 besar di indonesia. bahkan sebagian besar proyek pembangkit listrik 10,000mw yang berjalan saat ini ditangani oleh mereka. background ini cukup menggambarkan posisi wika realty, yang tentu seperti induk perusahannya, berkeinginan memiliki nama dan image yang baik. contoh referensi kesuksesan wika realty selain perumahan “tamansari puri bali” adalah perumahan “bali view” di cirendeu.

namun, sedikit banyak ada saja beberapa hal, mungkin juga bisa dibilang masalah. di tamansari puri bali ada dua hal yang sekarang lagi menjadi topik pembahasan:
1.kandang ayam berdekatan dengan salah satu tembok perumahan
2.unit pengolahan sampah (ups)

untuk saya (dan keluarga) sendiri, kandang ayam tersebut sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah. kecuali hanya bentuk solidaritas terhadap warga lain di blok c, yang persis dekat tembok dimana dibelakangnya terdapat kandang ayam penduduk. bau dari kandang ayam itu cukup menyengat buat warga di blok c. sampai saat ini masalah tersebut belum terpecahkan.

beberapa fakta dan hal yang menarik dari masalah kandang ayam tersebut adalah:
a.kandang ayam tersebut keberadaannya memang sebelum dibukanya perumahan puri bali tersebut
b.jika kita mengacu pada peraturan yang berlaku, tentunya ada minimum jarak kandang ayam tersebut dari suatu lingkungan perumahan
c.jika itu tidak terpenuhi, tentunya langkah yang dapat dilakukan adalah pemberitahuan kepada pemilik untuk penutupan dan pemindahan lokasi tersebut
d.poin c di atas tentu dan pasti bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena itu menyangkut usaha/ sumber mata pencaharian seseorang
e.namun peraturan tetaplah peraturan
f.so…? bikin ayam panggang yuksss! hehe…

unit pengolahan sampah (ups). konstruksi ups ini sedang berjalan di perumahan kami. ini menjadi masalah kedua setelah kandang ayam. kekhawatiran dan penolakan warga tentulah akan adanya aspek polusi dari keberadaan ups tersebut. lokasinya dibagian belakang ujung perumahan. telah berlangsung juga pertemuan warga dengan wika realty dan pihak dari pemda depok. namun belum ada titik terang dan pasti. wika berdalih, keberadaan ups di setiap perumahan baru adalah untuk mengikuti ketentuan dari pemda depok.

semua sama-sama memaklumi bahwa keberadaan ups sebagai salah satu bentuk penanggulangan masalah sampah, tujuan dari pemda depok itu juga benar dan bisa dimaklumi latar belakangnya…

hal utama yang dikomplain dan disesali warga puri bali adalah tidak adanya pemberitahuan dan sosialisasi sebelumnya akan rencana pembuatan ups tersebut. tiba2 saja sudah dalam proses konstruksi. jika ada pemberitahuan dan sosialisasi sebelumnya tentu semua warga akan bisa mempelajarinya terlebih dahulu, kemudian warga bisa memerima atau bahkan menolak jika tidak sesuai dengan kelayakan teknis.

so…? tolak aja deh :) karena sepertinya memang tidak layak apalagi ditambah dengan tidak adanya pemberitahuan dan sosialisasi sebelumnya. it is not fair..!
saya yakin wika realty tetap akan menjaga image nama baik dan professionalismenya, so tetaplah pertahankan itu.

overall, perumahan tamansari puri bali is good. i love it and really like the concept of landscape… bikin nyaman dan teduh untuk berdiam disini.

Comments (0)